Senin, 30 Januari 2017

10 Universitas Di Jawa Tengah

Inilah 10 Universitas Paling Keren di Jawa Tengah

Jawa Tengah, salah satu provinsi dangan jumlah penduduk yang banyak. Banyaknya penduduk ini mendorong pemerintah untuk menyediakan layanan pendidikan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak perguruan tinggi yang ada dalam provinsi tersebut. Tapi, mana sajakah perguruan tinggi atau universitas terbaik di Jawa Tengah? Berikut kami rangkumkan 10 universitas terbaik di Jawa Tengah.
Daftar ini gak mutlak lho… Karena nantinya kamu sendiri yang menentukan manakah universitas terbaik dari daftar ini. Jadi, jangan lupa ikutan voting di akhir artikel ini ya..

10. Universitas Katolik Soegijapranata


Foto UNIKA Soegijapranata

Universitas Katolik Soegijapranata ini terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas ini juga tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi Katolik terkemuka di Indonesia yang berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang). Hingga saat ini Unika Soegijapranata mengelola 18 Program Studi Sarjana, 1 Program Studi Diploma III, dan 8 Program Magister. Kerennya lagi, Unika Soegijapranata ini memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri. Kerjasama yang terjalin meliputi: memorandum of understanding, student and faculty exchange, scholarships, value sharing, serta international conference participation. Dengan kerjasama yang luas kayak gitu, pastinya para mahasiswanya juga didorong buat lebih berprestasi.

9. Universitas Islam Sultan Agung

Foto UNISSULA

Universitas Islam Sultan Agung atau yang disingkat UNISSULA ini adalah salah satu World Class Islamic Cyber University. Keren ya? Universitas yang terkenal dengan moto besarnya “ Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah” ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah. Nilai-nilai keislaman merupakan dasar dan bahkan menjadi ruh dari UNISSULA. Tapi hal itu bukan berarti semua program studinya tentang keislaman lho! Buktinya, UNISSULA memiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) mulai dari ilmu kedokteran sampai teknik.

8. Universitas Dian Nuswantoro


Foto UDINUS

Universitas Dian Nuswantoro atau yang lebih sering disebut dengan UDINUS ini terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas yang dinaungi yayasan Dian Nuswantoro ini merupakan gabungan dari beberapa sekotah tinggi di Semarang pada tahun 2001. Ini juga yang kemudian membuat UDINUS mempunyai banyak program studi dari berbagai bidang ilmu. Mulai dari Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Ilmu Kesehatan, dan Teknik. Di UDINUS sendiri kita tidak hanya menemui program studi S1 saja, tapi juga program studi pascasarjana alias S2.

7. Universitas Kristen Satya Wacana


Universitas Kristen Satya Wacana atau yang sering disingkat UKSW adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1956. Universitas yang terletak di kota Salatiga ini juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia lho! Dengan 15 Fakultas, UKSW terbagi menjadi 5 kampus yang semuanya berada di kota Salatiga.

6.  Universitas Pancasakti Tegal


Universitas Pancasakti Tegal atau sering disingkat UPS Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal. Universitas ini adalah salah satu universitas yang cukup tua di Indonesia, yaitu berdiri pada tanggal 1 Maret 1980. Universitas yang semula bernama Universitas Pancasila Tegal ini menawarkan berbagai program studi dari jenjang D3, S1, hingga S2 lho!

5. Universitas Jendral Soedirman


Foto UNSOED

Nama Universitas Jendral Soedirman atau UNSOED memang diambil dari salah satu pangima besar sekaligus pahlawan nasional Indonesia. Hal ini bukannya tanpa alasan, nama itu dipilih karena letak universitas ini adalah daerah Banyumas tempat Jendral Soedirman dilahirkan. Tepatnya universitas ini berada di kaki Gunung Slamet, Purwokerto, Banyumas. Kampus yang terkenal sejuk ini memiliki total 14 fakultas untuk program D3, S1, S2, dan juga S3.

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta


Foto UMS

Dari namanya, tentu kamu sudah tahu dong ya letak kampus UMS ini? Ya, Universitas Muhammadiyah Surakarta atau yang disingkat UMS ini terletak di karisidenan Surakarta, tepatnya di wilayah Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Universitas yang didirikan sejak tahun 1958 ini mempunyai 12 fakultas program sarjana lho… Tapi tidak cuma itu, UMS juga memiliki fakultas untuk program pascasarjana S2 dan S3.

3. Universitas Negeri Semarang


Foto UNNES

Universitas Negeri Semarang atau UNNES adalah perguruan tinggi negeri yang mayoritas kampusnya terletak di Semarang. Ya, 4 dari 5 kampus UNNES memang terletak di wilayah kota Semarang namun ada juga satu kampus yang terletak di kota Tegal. Kampus yang ada di kota Tegal ini dikhususkan untuk program studi PGSD saja. Sedangkan program studi lainnya lebih banyak dipusatkan di kota Semarang.

2. Universitas Sebelas Maret


Foto UNS

Universitas Sebelas Maret ini sering sekali disingkat dengan UNS. Sayangnya banyak orang yang keliru mengartikan singkatan ini sebagai Universitas Negeri Solo atau Surakarta. Ini karena letak UNS yang berada di Surakarta atau Solo. Perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak tahun 1976 ini menawarkan 10 fakultas mulai dari bidang seni rupa hingga hukum.

1. Universitas Diponegoro


Foto UNDIP

Universitas Diponegero atau sering disebut UNDIP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia saat ini. UNDIP sendiri terletak di kota Semarang dan sekitarnya. Lokasi kampusnya sendiri tersebar di kota Semarang dan Jepara serta terbagi menjadi 7 titik lokasi. Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Diponegoro telah memiliki 11 Fakultas dan satu program pasca sarjana, dengan rincian 21 Program Studi Diploma III (D3), 49 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).

Menurutmu, manakah universitas terbaik di Jawa Tengah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar